nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 75 personel Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta dilibatkan dalam Simulasi Kebakaran di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta (HIKJ), area kompleks Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Simulasi ini dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan seluruh petugas, tamu, maupun berbagai pihak yang berada di area gedung HIKJ terhadap keadaan darurat dari ancaman bahaya kebakaran dan bencana yang lainnya.

Kepala Bidang Pengendalian Kebakaran Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Rahmat Kristantio mengatakan, Gladi Gabungan Operasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran dan Evakuasi Penghuni ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan serta kesigapan dalam menghadapi ancaman bahaya kebakaran yang kedatangannya tidak pernah terduga-duga.

"Simulasi atau gladi ini melatih dan membekali seluruh karyawan dan pengunjung untuk tanggap dan cakap dalam bertindak. Ada 585 karyawan HIKJ yang juga kami libatkan," ujarnya

Rahmat menjelaskan, HIKJ dipilih sebagai lokasi pelaksanaan simulasi karena HIKJ merupakan salah satu bangunan cagar budaya, serta menjadi tempat keramaian.

"Dalam simulasi ini kami juga mengerahkan 10 unit armada pemadam kebakaran lengkap dengan dua unit rescue dan satu mobil ambulans" terangnya.

Sementara itu, Fire Safety Manajer (FSM) Gedung HIKJ, Suleman menuturkan, pihaknya konsisten dalam melakukan pemeriksaan berkala terhadap sistem proteksi kebakaran gedung dan juga dalam pelaksanaan latihan internal rutin.

"Kami ingin seluruh petugas internal sigap menghadapi bencana, termasuk kebakaran. Saat pelaksanaan simulasi ini kami juga melibatkan tim observer," tandasnya.